Mengetahui Lebih Jauh Mengenai Festival Songkran di Thailand

Wisata di Thailand, Negara tetangga Indonesia ini memang tidak henti hentinya untuk memperlihatkan keunikan tradisinya. Memang mungkin sebagian dari kalian sangat familiar dengan festival seru di Thailand ini. Tetapi pasti ramai juga dari kalian yang tidak mengetahuinya. Memasuki tahun baru ini, Thailand memiliki festival tradisional unik nih. Festival Songkran, itulah nama yang mereka berikan untuk festival perayaan tahun baru khas Thailand.

 

Sejarah dibalik Festival Songkran

 
sejarah festival songkran

Tidak hanya bersenang-senang, festival ini juga penuh dengan agenda spiritual dan sejarah yang melatar belakangi cikal bakal songkran ini. Saat pagi hari orang-orang Thailand pergi mendatangi kuil-kuil vihara untuk melaksanakan sembahyang penyembahan Budha, berbenah kuil, dan memberikan makanan kepada sekumpulan biksu. Di bidang pendidikan, siswa atau mahasiswa juga menghormati para “Ajarn” untuk sebutan para dosen, meminta maaf dan mengindahkan segala nasihat yang diberikan.

Intinya, momen ini dibuat untuk melakukan hal baik dengan sesama dan saling memaafkan. Orang Thailand percaya bahwa songkran ini sebagai hari pembasuhan diri dari semua kekeliruan di masa lalu, dan mulai kehidupan baru dengan menghilangkan segala pikiran negative dan tindakan yang kurang baik dilakukan. Pemakaian air di Festival Songkran ini dipercaya bisa membersihkan diri dari ketidak beruntungan, layaknya hakikat penggunaan air untuk mandi.


Kapankah Festival Songkran Berlangsung

 
Ditahun ini, festival songkran secara fix dimulai tanggal 13 April (dibeberapa kota mungkin akan memulainya lebih cepat) dan festival berjalan 3 sampai 5 hari tergantung dari lokasinya. Masyarakat akan keluar kejalanan tumpah ruah, jalanpun akan dipenuhi genangan dari percikan air, acara spesial dari asia tenggara yang mendunia dari negeri gajah putih sudah sangat terkenal bagi pelancong untuk berkunjung ke negara itu"Thailand" karena hari peringatan Festival Songkran sangat menakjubkan dan juga sangatlah unik.


Tips dan Trick Untuk Menikmati Festival Songkran



1. Cari tempat yang ramai dikunjungi wisatawan.


tempat festival songkran

Carilah tempat- tempat yang ramai dikunjungi wisatawan untuk merayakan Festival Songkran. Karena makin ramai pasti akan semakin seru! Salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk merayakan Songkran adalah Kota Chiang Mai yang berada di Thailand Utara.
Selain karena kecantikan kota tuanya, pusat Kota Chiang Mai dikelilingi oleh puing benteng dank anal. Peserta Songkran banyak berkumpul di sisi kanal, karena dengan begitu mereka akan mudah mengisi ‘amunisi’ air.


2. Booking hotel dan transportasi jauh-jauh hari

 

booikng hotel di thailand

Hari-hari Festival Songkran merupakan musim liburan hampir di seluruh kota. Sebaiknya persiapkan budget lebih untuk booking hotel dan booking tiket pesawat, karena pasti akan lebih mahal harganya untuk tanggal jatuhnya festival ini.


3. Datang sebelum mulai festival, pulang setelah festival


Kedatangan dan kepergian sebaiknya dilakukan berapa hari sebelum dan sesudah Festival Songkran. Meskipun tanggal resmi Songkran ialah tanggal 13-15 April, di kota- kota tertentu, masyarakat local ataupun turis sudah memulai melempari air di H-1 dan H+1. Para traveler bisa mendatangi objek- objek wisata di thailand dengan tenang sebelum Songkran.

Apabila berencana untuk meninggalkan kota di hari Songkran, sebaiknya berjaga-jaga, agar diri Kalian maupun tas tidak basah terkena serangan air. Kami banyak mendapati turis-turis yang baru datang, maupun yang akan pergi, pada saat berlangsungnya Songkran marah karena barang-barangnya basah terkena lemparan air.

Sebaiknya kalian mempersiapkan hal tersebut sebelumnya. Untuk ketersediaan kendaraan umum, tidak perlu khawatir karena transportasi dalam kota maupun antar kota tetap beroperasi seperti hari biasa. Lancar!


4. Amankan peralatan elektronik

 

zipper bag waterprof

Tips selanjutnya, amankan peralatan elektronik kalian. Pakailah zipper plastic bag ataupun tempat anti air. Pastikan tempatnya tertutup rapat dengan benar. Bagi yang mau berfoto disaat berjalannya Songkran, sebaiknya memakai kamera anti air atau memakai tempat anti air. Selama perang air, semua orang tidak akan pandang bulu dalam memilih objek, tidak memperhatikan kalian sedang membawa peralatan elektronik atau tidak.


5. Beli pistol air, jangan lupa ditawar

 

pistol air

Tips berikutnya, saat membeli senapan air atau peralatan perang air lainnya, sebaiknya mencari perbandingan harga dari beberapa pedagang. Penjual memanfaatkan kebutuhan dan keawaman turis, sehingga terkadang memberi harga tinggi. Jangan ragu unutk menawar apabila harga yang diberikan dirasa tidak normal. Apabila memungkinkan, kalian bisa meminta tolong penduduk lokal untuk dititipkan membeli barang yang kalian mau. Biasanya penjual akan menjual lebih murah kepada penduduk lokal.


6. Jaga stamina


Kalian juga harus menjaga kesehatan baik- baik. Untuk orang Indonesia yang rawan masuk angin, sebaiknya siapkan obat-obatan yang diperlukan. Banyak 'markas pertahanan' yang menggunakan air es sebagai amunisi mereka. Jam dimulainya Songkran adalah sekitar pukul 09.00 pagi sampai pukul 18.00 sore, dan kalian dipastikan akan basah kuyup selama festival berlangsung.

Dapatkan informasi menarik Thailand Lainnya di sini : Info Thailand

7. Jangan lupa pakai sunblock


Tips lain yang bisa dicoba adalah pakailah waterproof sunblock. Kalian akan bermain air di area terbuka seharian di hari- hari paling panas di Thailand. Sehari saja kalian tidak memakai sunblock, bisa merusak hari-hari kalian berikutnya karena kulit yang perih terbakar matahari.


8. Bermain aman

 

pesta perang air

Para traveler juga wajib untuk menjaga keselamatan diri sendiri saat festival songkran. Kalian dapat mengikuti Songkran dengan bermarkas di suatu tempat bergabung dengan tim, ataupun mengikuti arak-arakan yang biasanya menggunakan mobil pick up atau truk dengan bak terbuka. Banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya pada saat Songkran, sebagian besar karena kendaraan yang tergelincir di jalanan yang basah.


9. Jangan emosi

 

jangan emosi

Tips terakhir tentunya ciptakanlah suasana hati yang kondusif. Jangan mudah tersinggung atau marah hanya karena hal- hal kecil yang tidak disengaja. Songkran adalah festival seru untuk senang-senang. Jangan ada dendam di antara kita, ya ezytravellers!


Article credit : dongeng travel

Komentar

Postingan Populer