5 Lokasi Wisata dan Makanan Wajib di Medan yang Oke!

Tidak banyak kota metropolis yang dapat menyeimbangkan antara modernisasi dan sejarah dengan sangat baik seperti Kota Medan. Ada puluhan destinasi menarik yang jadi khas dan cirri kota Medan. Tetapi kali ini kami akan menyampaikan 5 tempat wisata Medan yang unik dan wajib Anda datangi.

Sebagai titik awal, datanglah ke Museum Sumatera Utara. Di sini Kalian dapat melihat sejarah Sumatra Utara dari masa pra sejarah, kerajaan Hindu-Budha, kemudian waktu kejayaan kerajaan Islam, hingga penjajahan colonial Belanda. Setelah itu Anda juga dapat mempelajari masa-masa perjuangan rakyat Sumatera Utara dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu, museum ini pun menyajikan segala sesuatu yang menyangkut budaya Sumatera Utara.

Merdeka Walk



merdeka walk medan


Tempat berikutnya yang wajib kalian datangi adalah Merdeka Walk. Tempat wisata Medan ini jadi tujuan para wisatawan yang gemar mencari kelezatan makanan kaki lima khas Medan yang kerap disebut street food. Kalian dapat menemukan bermacam jenis menu olahan khas Medan seperti Lontong Medan, Mie Aceh dan masih banyak lagi. Tidak hanya kuliner saja, Merdeka Walk juga menjadi ajang kumpul anak muda. Setiap akhir pekan kalian dapat melihat live music yang dibawakan oleh band-band lokal.

Tip-top-medan

 

lonsum medan


Ini dia yang selalu menjadi tujuan wisata kuliner khas Medan adalah restaurant Tip Top. Restaurant ini dibangun pada tahun 1929 dan hingga kini masih mempertahankan arsitekturnya dari dulu. Suasana vintage menyambut begitu Anda melangkahkan masuk. Pilihan menunya juga bermacam mulai dari masakan Cina seperti cap cay, puyunghai, koloke, sampai masakan khas Eropa seperti steak lidah sapi, bistik sapi dan omelet.


Bila Anda penggemar bangunan berarsitektur unik, maka Anda wajib mengunjungi Gedung London Sumatera yang juga dikenal dengan nama Gedung Lonsum. Didirikan pada tahun 1909, gedung ini mulanya berfungsi sebagai kantor Harrison and Crossfield Company yang mengelola perkebunan karet di Sumatera Utara. Pada masanya gedung ini menjadi salah satu gedung termewah di tanah Deli karena memiliki fasilitas lift yang menjangkau lima lantainya.

Kuil Shri Marriaman 


kuil shri marriman


Belum lengkap juga perjalanan wisata Medan Anda jika tidak mampir mengunjungi Kuil Shri Marriaman yang terletak di kampung India. Kuil ini ialah salah satu bangunan tertua di Medan, didirikan pada abad 18 oleh seorang pedagang India yang bertempat tinggal di Gujarat. Di sekitaran kuil inilah kemudian berkembang tempat tinggal penduduk yang kebanyakan adalah pedagang dan saudagar India.

Sampai kini, tempat ini disebut juga dengan nama little India di Medan. Kuil ini kental dengan arsitektur India yang didominasi dengan warna hijau dan ornamen emas. Terdapat berbagai patung dewa seperti Ganesha, Siwa, Wisnu dan Kali.

Demikianlah sedikit dari tempat wisata Medan yang benar-benar unik dan layak Anda kunjungi. Masing-masing membawa pesona masa lampau dan modernitas masa kini, semuanya akan membuat pengalaman wisata Anda tak terlupakan.

4 KULINER LEZAT DI MEDAN


Salah satu pilihan yang asik untuk dilakukan saat liburan ialah berburu menu makan pagi yang enak. Apabila bertolak dari jakarta ke medan dengan menggunakan pesawat akan memakan waktu 2 jam untuk sampai di medan. Setiap daerah memiliki cirri khas tersendiri berhubungan dengan menu makan pagi. Dan, kali ini kami akan membicarakan 5 makanan lezat yang pas jadi menu makan pagi sebelum Anda berkunjung ke beberapa tempat wisata Medan.

1.BIHUN BEBEK KUMANGO




Kuliner yang satu ini amat terkenal di Medan dengan sebutan Bihun Bebek Paling Mahal di Medan. Untuk menyantap seporsi bihun bebek ini Anda harus merogoh kocek sekitar 40 rb rupiah. Namun harga ini terbayar lunas dengan kelezatannya yang tiada banding. Yang menjadi keistimewaannya sudah pasti potongan daging bebek yang gurih dan empuk, diiris tipis-tipis dan diletakan di atas semangkuk bihun rebus.

Sebagai penyempurna Bihun Bebek ini dimasukan potongan sawi hijau, potongandaun bawang dan bawang putih goreng. Kuahnya di tempatkan terpisah. Porsinya cukup banbyak untuk orang dewasa. Jika Anda kebetulan tidak suka daging bebek, maka Anda dapat memesan menu Bihun Ayam.
Bertempat di jalan Kumango, Kalian harus buru-buru karena tempat ini hanya buka pada jam 6 hingga 11 siang.

2.BURGER NASI MEDAN




Jajanan yang satu ini termasuk baru dan lumayan banyak di tempat wisata Medan yang menjualnya. Namun ada satu yang istimewa yakni Burger Nasi Medan yang terletak di Jalan Setia Budhi, samping Pizza Hut. Sepintas mirip dengan burger biasa, hanya saja sebagai pengganti roti digunakanlah nasi. Isinya bervariasi mulai dari daging ayam goreng, daging sapi kecap dan juga dilengkapi dengan sayur mayur, potongan tomat dan saus sambal. Kedai ini buka sejak pukul 9 pagi hingga 9 malam. Cocok sebagai menu sarapan atau sekadar pengganjal perut sebelum Anda berjalan menuju tempat wisata Medan lainnya.

3.BUBUR DAN BLACK COFFEE MORNING GLORY


Bubur dan secangkir kopi bisa jadi pandanan menu sarapan yang sangat tepat. Kalau kebetulan Anda ingin menikmati makan pagi yang ringan dan sederhana,maka kunjungilah ke Morning Glory Cafe yang terletak di Jalan Amir Hamzah. Bila biasanya Anda mendapati bubur ayam disajikan dalam mangkuk besar, maka di sini Anda justru hanya menyantap dalam porsi kecil (setara dengan mangkuk nasi).

Mau tau banyak tentang Medan? Main kesini yuk : Kumpulan Wisata di Medan

Tetapi jangan tertipu dengan ukurannya karena rasanya benar-benar lezat dengan potongan ayam suwir, cakue, dan taburan daun bawang. Setiap pemesanan semangkuk bubur Anda akan mendapatkan secangkir kopi hitam. Benar-benar cocok untuk memulai hari di Medan.

4.LONTONG SAYUR PONDOK PISANG


Jika kebetulan Kalian kesiangan maka menu makan pagi yang satu ini pas menjadi pengganjal sembari menunggu makan siang. Lontong Sayur Pondok Pisang sekilas mirip dengan Lontong Sayur lainnya kecuali di sini kuahnya benar-benar gurih dan berbumbu rempah-rempah. Dagingnya menggunakan daging sapi rendang dan ayam berbumbu cabe hijau. Tidak hanya itu, sepiring lontong sayur pastilah disajikan dengan buah pisang. Anda dapat berkunjung ke Sun Plaza untuk menikmatinya.


Komentar

Postingan Populer