Persiapan ke Jepang? Wajib Baca ini Sebelum Pergi

Cerita Traveling - Negara yang terkenal dengan julukan Matahari Terbit ini memang telah berenkarnasi menjadi sebuah satu tempat kegemaran untuk masyarakat Indonesia. gimana tidak, Jepang selalu dapat memberikan pengalaman wisata yang beda untuk wisatawan yang datang.

Tetapi memang biaya untuk pergi kesana terhitung tidak murah. Pastinya kalian tidak mau kan perjalanan ke Jepang kalian berantakan dikarenakan tidak menyiapkan segala keperluannya dengan baik. Jadi ada bagusnya sebelum mengunjungi Jepang kamu harus mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan.

Kami akan bantu kalian untuk melakukan persiapan ke Jepang

Berikut adalah list perlu kalian siapkan


Paspor dan Visa

Nah ini adalah hal pertama untuk persiapan ke Jepang yang perlu kalian miliki. Yaitu Paspor, benda wajib yang perlu kalian miliki ketika mau ke luar negeri. Paspor dipakai sebagai tanda pengenal resmi saat keluar negeri.


Pastikan paspor yang kalian punya lebih dari 6 bulan saat kita berangkat. Saat ini untuk buat paspor sangatlah tidak sulit, apalagi jika ditambah dengan semakin banyaknya jasa pembuatan paspor yang legal di Indonesia. Untuk kamu yang punya waktu sedikit untuk buat paspor sangat disarankan jika memakai jasa pembuatan paspor untuk mempermudah dan membuat lebih cepat proses buatnya.



Selain itu, visa juga harus untuk dimiliki jika kalian berkeinginan ke jepang. Bagusnya untuk pengajuan visa dilakukan 1 bulan sebelum berangkat. Jika terlampau cepat untuk buat visa malah nanti sudah tidak berlaku lagi. Maka sebaliknya jika pengajuannya terlampau dekat nanti ditakutkan ada dokumen yang kurang dan harus dilengkapi.

Tips : Untuk kalian pemilik e-paspor, dapat menggunakan visa waiver untuk ke Jepang. Visa waiver Jepang hanya berlaku untuk kunjungan dengan jangka waktu maksimal selama 15 hari.

Jadwal Perjalanan

Sudah di Jepang, eh malahan linglung ingin kemana. Jangan sampai deh terjadi hal seperti itu sama kalian. Jika misalnya kalian kebenaran tidak mengikuti paket wisata Jepang atau paket tour Jepang dari salah satu travel agency, ada baiknya kalian menyiapkan itinerary perjalanan kalian secara matang.


Dengan mempersiapkan jadwal secara matang, kalian tidak akan banyak menghabiskan waktu untuk cari info lokasi wisata di Jepang maupun biaya yang dikorbankan untuk menuju kesana. Jangan sekali kali kalian melupakan bagian ini, karena ini adalah persiapan ke Jepang yang harus dilaksanakan.

Itinerary yang bagus, juga dapat menghemat budget perjalan, menentukan tempat untuk booking hotel murah di Jepang, dan menghemat waktu selama perjalanan kalian.


Koper dan Travel Bag

Perhatikan kepraktisan dan barang bawaan apa saja yang akan dibawa selama perjalanan liburan kalian ke Jepang. Tentunya kalian tidak mau kan kelebihan barang bawaan dan harus membayar extra bagasi.


Dibiasakan untuk hanya membawa 1 koper besar dan 1 backpack ukuran sedang ketika perjalanan jauh. Beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda, ANA memberikan kapasitan bagasi seberat 40-46 kg.
Bawalah pakaian yang tidak telalu banyak dan mudah di mix dengan pakaian lain, sehingga kamu tidak over bagasi.

Sisanya kalian dapat mengisi koper kalian dengan oleh-oleh yang kalian beli selama di Jepang. Dengan cara ini, dapat dipastikan persiapan ke Jepang kalian akan lebih matang.


Tanggal dan Cuaca di Jepang

Yang kami maksud dengan tanggal disini bukanlah tanggal hoki supaya lancar ke Jepang nya ya. Tetapi lebih kepada tanggal yang pas untuk mengunjungi banyak tempat wisata di Jepang. Kenapa? Karena jika kalian ke Jepang bertepatan dengan libur nasional di Jepang.

Dapat dipastikan kalian tidak akan nyaman untuk mendatangi tempat wisata di Jepang karena umumnya tempat wisata itu akan diramaikan oleh wisatawan local Jepang. Satu hal lagi yang harus diperhatikan untuk kita masyarakat Indonesia yang tidak sempat merasakan iklim dingin. Perkirakan iklim di Jepang sebelum kalian berlibur kesana.

Emang sih gak perlu bawa selimut besar pas lagi musim dingin di Jepang, tapi minimal kalian jangan sampai lupa membawa jaket karena di pesawat pun AC nya pasti lumayan dingin. Jadi buat kalian yang tidak terlalu kuat dingin, jangan lupa diperhatikan cuaca di sana sebelum berangkat ya.


Hotel atau Tempat Tinggal

Persiapan ke Jepang yang tidak kalah pentingnya adalah hotel atau tempat tinggal kalian selama berada di sana. Murah adalah syarat mutlak bagi kalian yang ingin liburan ke Jepang. Sebagai info saja, semakin jauh hotel kamu dari pusat kota maka semakin murah.


Tetapi pastinya kalian tidak mau juga kan stay di hotel yang jauh dari pusat kota atau tempat wisata yang ingin kalian datangi nantinya. Murah sih memang, tapi biaya transportasinya sama besarnya dengan harga hotel di pusat kota Jepang.

Solusinya kalian dapat melakukan booking hotel murah jauh-jauh hari dari Indonesia. Sekarang sudah banyak Online travel agency penyedia booking hotel murah, salah satunya ya hotel di Jepang ini. Dengan cara booking online dari jauh jauh hari kalian punya kesempatan untuk mendapatkan harga kamar sesuai dengan budget liburan kalian.




Tiket Pesawat dan Transportasi Penunjang di Jepang

Bicara mengenai tiket pesawat ke Jepang memang harus kita persiapkan dengan matang. Harga untuk tiket pesawat ke Jepang memang bervariasi. Bisa sangat mahal dan bisa juga menjadi sangat murah.

Pilihlah maskapai asli Jepang seperti ANA, atau maskapai milik negara kita Garuda Indonesia. Biasanya dua maskapai tersebut sering memberikan harga promo tiket pesawat ke Jepang. Cari tau jadwal mereka mengadakan travel fair.


Jika memungkinkan, bookinglah tiket pesawat untuk penerbangan tahun depan.
Dengan jarak keberangkatan yang cukup jauh tersebut, kalian dapat mempersiapkan segala keperluannya dengan sangat matang. Sebagai contoh, bagi wisatawan Jepang ada satu produk untuk transportasi khususnya kereta api yaitu JR Pass.

JR Pass merupakan “Tiket Ajaib” untuk naik – turun di 6 Perusahaan Transportasi public yang bergabung di dalam JR Group, termasuk di dalamnya adalah kereta Shinkansen Jepang yang super cepat dan super mahal itu.




Keuntungan dari memiliki JR pass adalah, kalian tidak perlu membayar apapun lagi untuk menaiki transportasi dari JR Group. Tetapi menurut kantong orang Indonesia, harganya termasuk mahal sekitar 3 jutaan. Maka dari itu sebelum kalian memutuskan untuk membeli JR pass, kalian harus mempersiapkan semuanya dengan baik, dari hotel, destinasinya, dan lama kalian liburan disana.


Baru setelah itu kalian dapat memutuskan untuk beli JR pass atau tidak, JR pass sangat berguna untuk bepergian jauh, dan waktu liburan kalian yang sempit. Jadi tidak menghabisakan banyak waktu untuk ke banyak destinasi.


Info Tambahan

Selain dari semua persiapan ke Jepang yang wajib kalian siapkan, ada sedikit info tambahan yang akan kami berikan untuk kalian semua.

Pertama, adapter atau colokan listrik di Jepang itu berbeda dengan kita di Indonesia. Untuk dijepang mereka menggunakan colokan pipih dua.



Kedua, tegangan listrik di jepang juga berbeda. Jika di Indonesia kita menggunakan 220v maka di Jepang mereka menggunakan 110v. Maka dari itu kita harus melihat, apakah charger yang kita miliki bisa digunakan pada tegangan 110v.

Ketiga, sebenarnya simcard Indonesia dapat digunakan di Jepang. Tetapi pastinya dapat mengeluarkan uang banyak, sebagai gantinya gue menyarankan untuk menyewa wifi device yang banyak di sediakan para agent travel.

Komentar

Postingan Populer