Liburan Naik Kapal Pesiar? Ini Baru Namanya Holiday yang Beda!

Merasa jenuh dengan kegiatan dan aktifitas sehari –hari di ibu kota? Dan jika ada kesempatan liburpun, tampaknya sayang jika Cuma dihabiskan dengan hanya dirumah. Gimana jika kamu pergi berlibur ke suatu tempat? buat kalian yang terasa jenuh liburan ke tempat yang biasa, tidak ada salahnya kalau coba liburan di cruise. Melewatkan waktu berharian di atas kapal pesiar mewah sambil merasakan suasana lautan lepas sepatutnya akan menjadi pengalaman vacation yang sangat menarik dan pantas untuk diceritakan ke orang-orang sekitar.

Dunia seperti kita miliki, begitu mungkin yang akan kamu rasakan semasa berada di atas kapal pesiar. Cruise ship atau kapal pesiar merupakan kapal dengan penumpang yang digunakan khusus untuk pelayaran santai. Tiap penumpang yang ikut di kapal pesiar dipersilahkan untuk menghabiskan durasi di atas kapal yang komplit dengan fasilitas penginapan hingga perlengkapan olahraga layaknya gedung hotel berbintang. Malahan, kapal pesiar dijuluki sebagai “Hotel Berbintang Mengapung” dikarenakan kenyamanan kapalnya.

fasilitas kapal pesiar cruise
Sumber : Liputan6(.)com

Disaat kamu liburan cruise, lokasi destinasi tujuan tidaklah yang diutamakan, tetapi perjalanan itu sendirilah. Barangkali beberapa paket disaat paket liburan kapal pesiar mempromosikan tujuan berlayar yang cukup menarik. Tetapi, tetap aja, hal paling utama pada kapal pesiar terletak pada kenyamanan dan megahnya di atas kapal saat perjalanan. Walaupun pada umumnya kapal pesiar berangkat dari pelabuhan asal ke pelabuhan akhir, terdapat juga pelayaran yang tidak bertujuan dan hanya berputar-putar selama beberapa hari di samudra lepas sesaat akhirnya balik lagi ke pelabuhan asal.



Lama perjalanan dalam satu pelayaran cruise bergantung pada pelabuhan tujuan. Makin jauh tujuan dan semakin lama perjalanan. Setiap perjalanan biasanya dapat dilakukan selama 2-3 hari untuk perjalanan pendek. Untuk perjalanan panjang, biasanya ada yang sampai berbulan lamanya.
Ramai yang menjajarkan kapal pesiar terhadap kapal samudra (ocean liner). Padahal, perbedaan yang mendasar terdapat di sela keduanya, khususnya fungsi utama kedua kapal. Kapal Samudra fokus kepada transportasi lintas samudera, sedangkan kapal pesiar memiliki dua fungsi sekaligus: transportasi dan hiburan. Meski demikian, sisi hiburan pada kapal pesiar jauh ditonjolkan daripada sisi transportasinya.

1. Alila Purnama

 
alila purnama cruise kapal pesiar
sumber : alilapurnama(.)com

Kapal yang digunakan oleh perusahaan pesiar ini adalah kapal pesiar megah berupa kapal Phinisi, kapal tradisional yang dipakai oleh pelaut suku Bugis untuk menjelajahi lautan. Perlengkapan yang dipakai pun custom-made yang dibuat dari bahan asli Indonesia. Perahu ini mempunyai tujuan ke Pulau Komodo, Kepulauan Raja Ampat, Maumere – Ambon, dan Ambon – Raja Ampat.

2. Sea Safari Cruises

sea safari cruise kapal pesiar
sumber : juzdeals(.)com

Hampir sama dengan Alila Purnama, Sea Safari Cruises juga menggunakan kapal Phinisi di setiap pelayaran mereka. Tapi, salah satu armadanya, Cheng-Ho, merupakan armada kapal yang paling unik karena didesain berdasarkan arsitektur kapal-kapal asal Tiongkok. Nama Cheng-Ho sendiri diambil dari salah satu pelaut legendaris asal Tiongkok, Laksamana Cheng-Ho.

Jika kalian menetapkan untuk pergi liburan menggunakan kapal pesiar untuk pertama kali, ada baiknya untuk perhatikan tips-tips berikut agar paham bagaimana cara kerja kapal pesiar sehingga tidak bingung untuk memilih paket liburan.

Berikut ini adalah tips tepat memilih paket liburan kapal pesiar yang wajib kalian ketahui.

1. Tetapkan berapa hari pelayaran;
2. Tetapkan rute yang kamu inginkan;
3. Tetapkan kelas kamar;
4. Lihatlah tanggal dan waktu keberangkatan;
5. Perhatikan makanan yang gratis dan yang harus bayar.
Itulah beberapa informasi pendek tentang liburan menggunakan cruise yang wajib kalian tau. Berlayar bersama kapal pesiar adalah salah satu pilihan terbagus untuk menghabiskan waktu liburan. Jadi, kenapa harus libur di tempat biasa?

Komentar

Postingan Populer