Tips Pergi Pulang Kampung Aman Dan Menyenangkan Selama Dijalan

Mudik adalah salah satu tradisi selama Idul Fitri yang tidak mudah dilewati oleh banyak orang. Melakukan perjalanan panjang yang meletihkan dan bahkan sering kali terhalang oleh macet tidak menutup semangat untuk pulang ke kampung halaman. Jika kamu tergolong orang yang pergi mudik dengan kendaraan pribadi, berikut ini adalah beberapa tips mudik yang aman serta nyaman sepanjang perjalanan dan bisa diterapkan agar perjalanan tidak terlalu menjemukan.

1. CEK BARANG BAWAAN

periksalah barang bawaan anda, tips mudik
sumber: http://motormobile(.)net/

 

Panduan mudik yang satu ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan yaitu, buatlah daftar barang bawaan beberapa hari sebelum berangkat. Fungsinya agar nanti sebelum pergi, kalian dapat melihat lagi apa aja yang akan dibawa sehingga tidak ada satu pun barang bawaan yang ketinggalan. Bikinlah list barang bawaan dari yang terpenting hingga yang kurang penting. Jangan sampai lupa untuk melistkan daftar itu dalam selembar kertas agar benar tercatat dengan baik sehingga kemungkinan lupa membawa barang kemasan tidak terjadi.

2. LIHATLAH KEADAAN KENDARAAN

lihat keadaan kendaraan
sumber : http://kabarimbo(.)com/

 

Sebagai pemakai kendaraan sendiri, ada baiknya kamu memperhatikan keadaan kendaraan sebaik mungkin sebelum pergi pulang kampung. Ini sangat penting, apalagi jika destinasi mudik kamu bisa dibilang lumayan jauh atau bahkan termasuk perjalanan lintas provinsi. Pemeriksaan keadaan kendaraan bertujuan agar tidak terjadi kerusakan komponen penting semasa perjalanan. Dengan demikian, risiko kecelakaan ampu terhindarkan. Pemeriksaan kondisi kendaraan dapat dimulai dari kepatutan rem hingga kondisi ulir ban.



3. ALAT-ALAT KENDARAAN HARUS ADA

perlengkapan kendaraan harus ada tips mudik
sumber: http://www.autobild(.)co.id

 

Selain control situasi kendaraan, hal yang wajib selanjutnya adalah perlengkapan kendaraan. Perlengkapan tersebut termasuk ban serep, dongkrak, hingga kunci pas yang dibutuhkan ketika ada keadaan darurat. Sangat jarang ditemukan ada bengkel kendaraan yang buka di masa Lebaran. Oleh karena itu, kelengkapan kendaraan ini harus ada di setiap kendaraan pribadi. Bila perlu, siapkan juga komponen cadangan kendaraan pribadi kalian yang sekiranya gampang rusak sehingga bila terjadi kerusakan dapat diganti dengan mudah tanpa mencari bengkel yang buka.

4. SIAPKAN HIBURAN UNTUK MENGHAPUSKAN RASA BOSAN

Perjalanan yang panjang pasti menguras tenaga dan membuat suasana hati mudah bosan. Akan makin menjemukan di saat kamu terjebak macet parah yang membuat frustasi baik penumpang maupun pengemudi. Ada baiknya kamu membawa hiburan-hiburan sederhana untuk mengatasi rasa bosan tersebut. Hiburan-hiburan sederhana seperti buku, koleksi lagu-lagu favorit, atau mungkin TV portable dengan film kegemaran bisa jadi alternatif untuk menghilangkan rasa bosan selama di jalan.

5. PASTIKAN BATERAI SERTA PULSA SELALU ADA

pastikan batre anda full
sumber: http://blog.dealdey(.)com/

 

Keadaan genting bisa saja terjadi dan pasti datang secara tak disangka. Maka dari itu, pastikan baterai Hp dan pulsa kamu tetap ada sehingga ada solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi selama ada di jalan. Dengan demikian, bila ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, kalian masih bisa mencari bantuan dengan menghubungi seseorang.

6. KEADAAN TUBUH YANG PRIMA JUGA PERLU DIWUJUDKAN

keadaan tubuh harus prima, tips mudik
sumber: http://blog.elevenia.co(.)id

bepergian jauh sungguh mengeluarkan banyak tenaga, waktu, juga pikiran. Maka dari itu, diperlukan kondisi tubuh yang fit dan bertenaga hingga bepergian tetap fokus dan ceria hingga tujuan mudik. Untuk mewujudkannya, ada baiknya sekian hari sebelum jalan mudik, makanlah makanan yang baik serta istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Itulah sekian tips pulang kampung yang terlindung dan enak saat menjalani perjalanan yang dapat kalian terapkan. Dengan begitu, tidak perlu kamu takut untuk melaksanakan perjalanan mudik meskipun jaraki tempuh destinasi mudik cukup jauh.tidak sampai kamu memikirkan banyak hal dan bikin suasana pulang kampung menjadi kurang nyaman. Selamat mudik dan selalu berhati-hati di jalan!

Komentar

Postingan Populer