5 tempat Cantik Tersembunyi di Bogor

Tidak usah jauh-jauh apabila kalian ingin liburan sejenak untuk melepas penat yang membebani pikiran. Untuk kalian yang tinggal di ibukota, salah salah satu alternatif lokasi liburan yang paling populer adalah Bogor. Terdapat beragam lokasi wisata di bogor yang bisa kalian datangi untuk sekedar melihat suasana baru. Udaranya yang sejuk serta pemandangan yang indah terpapar di kota bertajuk Kota Hujan ini.

Bogor terletak di ketinggian 190 sampai 330m dari permukaan laut. Hal ini mengakibatkan suhu udara kebanyakan relatif sejuk, menggapai 26oC, dengan kelembaban udara hampir 70%. Sedangkan suhu terendah rata-rata sampai 21,8oC,dan hal ini sering terjadi di bulan Desember dan Januari. Dalam setahun, Bogor hamper diguyur hujan sebanyak 176 kali. Inilah asal Bogor mendapatkan julukannya.
Berlokasi di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede mengakibatkan kondisi tanah di Bogor sangat subur.

Cuacanya yang unik bahkan mengakibatkan Pemerintahan Kolonial Belanda pada waktu dulu menjadikan kota Bogor sebagai pusat penelitian botani dan pertanian yang hingga kini masih berjalan.
Tetapi sangat disayangkan, karena Bogor dekat dengan ibu kota, banyak orang yang berlibur ke daerah Bogor di masa liburan atau akhir pekan. Alhasil, Bogor menjadi macet dan padat sehingga liburan jadi tidak menyenangkan. Jangan khawatir, kalian masih bisa menikmati lokasi-lokasi wisata Bogor berikut. Pasalnya, lokasi-lokasi ini jarang ada orang yang tahu dan masih asli. Selain itu, untuk masuk ke lokasi-lokasi ini bisa dibilang masih murah. Lokasi mana saja?

Curug Leuwi Hejo

curug leuwi hejo wisata bogor

 

Kawasan Sentul, Bogor, ternyata mempunyai surga tersembunyi berupa air terjun indah yang kerap disebut menjadi Curug Leuwi Hejo. Layanya namanya, Curug Leuwi Hejo, air yang ada di lokasi ini berwarna biru kehijauan yang cukup indah apabila dilihat secara kasat mata. Air terjun ini berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul.Akses yang harus kalian lewati untuk masuk ke air terjun ini cukup menantang. Kontur jalan yang sempit, curam, dan berombak cukup menyusahkan apabila kalian tidak memiliki supir yang berpengalaman. Meski demikian, banyak hal unik yang bisa kalian nikmati sepanjang jalan tersebut. Selain penduduk desa yang ramah serta udara yang seju, kalian juga akan dikejutkan dengan aliran air jernih yang muncul dari dalam tanah. Tempat ini bisa menjadi wisata bogor yang rekomended.


Situ Gede

situ gede wisata bogor

 

Lokasi ini mungkin sedikit tidak asing untuk kalian yang tinggal di kawasan Bogor. Pasalnya, banyak orang-orang asli Bogor yang mampir ke Situ Gede untuk memancing, berperahu, atau hanya berjalan-jalan di area hutan Situ Gede untuk relax. Situ Gede sendiri merupakan sebuah situ atau bendungan besar yang dikelilingi oleh hutan yang masih asri.Disini, kalian bisa piknik di hutan yang terletak di pinggir situ. Bila tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir, di sekitar situ juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan. Selain piknik, di Situ Gede kalian juga dapat menyewa perahu bebek untuk sekedar menikmati pemandangan serta sensasi berperahu di atas bendungan besar. Cukup mengesankan, bukan?

Taman Nasional Gunung Halimun

Untuk kamu yang suka hiking atau hanya sekedar trekking, mungkin Taman Nasional Gunung Halimun bisa jadi pilihan. Kawasan taman nasional yang berbukit-bukit ini memiliki belasan anak sungai serta sejumlah air terjun. Hutan yang terdapat di taman nasional ini relatif belum pernah dikunjungi oleh manusia. Hamparan sawah serta hijaunya perkebunan di sekitar taman nasional jadi daya tarik tersendiri.Taman Nasional Gunung Halimun ini merupakan surga bagi banyak satwa liar serta tumbuh-tumbuhan. Ratusan jenis burung seperti Elang Jawa, Rangkong, hingga Luntur Gunung dapat terlihat terbang bebas di area taman nasional. Selain itu, sering juga terlihat aktivitas macan tutul dan macan kumbang yang berkeliaran bebas disini.

Air Terjun Bidadari

air terjun bidadari wisata bogor

 

Masih terletak di kawasan Sentul Paradise Park, air terjun bertinggi 75 meter ini berdiri tegap. Berasal dari mata air di hutan lindung yang ada di atas bukit membuat air terjun ini cocok untuk dijadikan ajang pelepas lelah. Limpahan air yang jatuh dari ketinggian dibuat sedemikian rupa hingga mirip dengan kolam renang.Selain air terjun, kawasan Sentul Paradise Park juga punya kegiatan menarik lain. Kalian bisa merasakan bagaimana serunya bermain perahu tangan atau menguji keberanian di wahana flying fox. Lokasi ini bisa dibilang sangat cocok untuk tempat berlibur keluarga.

Danau Dora

danau dora wisata bogor

 

Lokasinya yang tidak jauh dari titik pemerintahan daerah Bogor menjadi alasan utama kenapa tempat wisata bogor ini mudah untuk didatangi. Berjarak sekitar 500 meter dari pintu gerbang Pemda, Danau Dora terletak di kawasan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI). Danau ini merupakan taman konservasi alam yang juga sebagai bagian perluasan Kebun Raya Bogor.Nama Danau Dora sendiri diberikan bukan tanpa alasan. Saat pembangunan awal taman ini, banyak anak-anak kecil yang bermain sambil membawa boneka Dora di sekitar danau. Dora merupakan nama salah satu karakter serial animasi di televise berjudul Dora The Explorer. Dari situlah kemudian orang-orang menamai danau konservasi ini dengan nama Danau Dora.

Sudah tentukan pilihan untuk berlibur di akhir pekan nanti? Jangan khawatir, kalian tidak akan disulitkan dengan macet dan keramaian liburan kawasan wisata Bogor apabila berlibur di lokasi-lokasi tersebut. Hanya pemandangan yang indah serta udara sejuk yang kalian temui di lokasi-lokasi ini. Jangan lupa untuk ajak serta keluarga atau rekan agar suasana liburan makin berkesan.

Komentar

Postingan Populer